Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aksi Berani Petugas Damkar Kobar Evakuasi Sarang Tawon yang Mampu Mematikan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Maret 2022 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Petugas Animal Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotawaringin Barat (Kobar) telah melakukan evakuasi sarang tawon di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan. Proses evakuasi sarang tawon tidak mudah, karena harus dengan penuh perhitungan dan kehati - hatian.

Petugas Animal Rescue Damkar Kobar hingga harus menjebol dinding, lantaran tawon membangun sarang di balik dinding rumah. Dalam menaklukan ribuan ekor tawon tersebut, petugas juga mengenakan pakaian safety lengkap.

Tawon yang banyak bersarang di rumah warga merupakan tawon berbahaya dan mematikan yaitu jenis tawon ndas atau Vespa Afinis, sehingga membutuhkan penanganan khusus ketika evakuasi, bila tidak, maka tawon akan menyerang balik.

Bukan satu dua kali animal rescue melakukan evakuasi di tempat yang sulit dijangkau, bahkan hingga evakuasi di atas tiang listrik bertegangan tinggi.

Sepanjang tahun 2021 saja, animal rescue Damkar Kobar telah berhasil mengevakuasi sebanyak 27 sarang tawon dan pada 2022 sebanyak 5 kali evakuasi.

Kasatpol PP dan Damkar Kobar, Majerum Purni melalui Animal Rescue Damkar Kobar Rizki Dwi Fachrozi mengaku terpaksa animal rescue menjebol dinding warga karena tawon membangun sarang di tempat tersebut.

"Setelah berhasil dijebol dilakukan penanganan dengan semprotan pembasmi serangga yang dicampur dengan bensin," ujarnya, Rabu 9 Maret 2022.

Dengan disemprot pembasmi serangga dan campuran bensin membuat tawon tidak berdaya dan jatuh satu persatu ke tanah.

Setelah selesai melakukan evakuasi sarang tawon di Kelurahan Baru, Animal Rescue bergerak ke BTN Bougenvile di Jalan Ahmad Wongso, di mana ada sarang tawon berukuran besar membangun sarang di atap rumah.

"Hari itu kita melakukan tiga kali evakuasi sarang tawon yang terakhir di Jalan Tatas, Kelurahan Baru, kita harap bila ditemukan sarang tawon agar warga tidak melakukan penanganan mandiri segera hubungi kami," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru