Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Pesisir Kumai Diingatkan Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Maret 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengingatkan seluruh masyarakat di kawasan pesisir Kuami untuk mewaspadai cuaca ekstrim, baik itu hujan lebat disertai petir, angin kencang maupun gelombang tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni mengatakan, berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrim di wilayah perairan Laut Jawa bagian tengah dan perairan Kalimantan Tengah bagian barat.

"Kami turut mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga sepanjang pesisir Kecamatan Kumai, selalu waspada dengan cuaca ekstrim angin kencang dan gelombang tinggi," ujarnya kepada Borneonews pada Sabtu, 12 Maret 2022.

Dia melanjutkan, peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan oleh BMKG tersebut berlaku 12 Maret 2022 pukul 07.00 WIB sampai dengan 13 Maret 2022 pukul 07.00 WIB. Diperkirakan, tinggi gelombang mencapai 1,25 sampai 2,5 Meter.

Kemudian, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laut - Timur dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Selatan Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Selat Sunda bagian selatan, Laut Jawa dan Perairan selatan Jawa.

Oleh sebab itu, dia berharap untuk dapat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal Tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m). Kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m). Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0m).

"Dimohon kepada masyarakat, yang beraktifitas di pesisir sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru