Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Ikan Belanak, Nelayan Ujung Pandaran Bisa Bawa Pulang Puluhan Kilo Gram

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 13 Maret 2022 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Nelayan di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit kini sedang gembira. Pasalnya, saat ini sedang musim ikan belanak. Ikan ini memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Alhamdulilah sekarang sedang banyak ikan belanak," kata Sandi, nelayan Ujung Pandaran, Minggu 13 Maret 2022. 

Saat musim seperti sekarang jumlah tangkapan ikan lumayan banyak bagi para nelayan. Dalam sehari bisa membawa pulang sebanyak Rp 25 kilo gram. 

"Kalau beruntung sehari bisa satu lanjung (keranjang) penuh, bisa dijual. Sedangkan hari biasa dapat saja sudah syukur dibawa pulang untuk konsumsi. 

Ikan belanak segar tangkapan nelayan dihargai Rp 25 ribu per kilogram. Nelayan bisa menjualnya langsung ke masyarakat sekitar atau bisa melalui pengepul ikan. Bahkan terkadang ada juga wisatawan Ujung Pandaran yang membeli langsung ke nelayan. 

Hanya nelayan yang berpengalaman yang bisa mendapat ikan dalam jumlah banyak dengan cara merempa atau menjala ini. Sebab tak semua bagian pantai terdapat ikan. 

"Ikan biasanya berkelompok, keberadaannya dapat dilihat dari pergerakkan air. Bila terdapat tanda-tanda ikan, baru kami keping menggunakan rempa," katanya. 

Aktivitas nelayan saat pagi ini juga mengundang daya tarik bagi wisatawan. Terutama pada saat kunjungan wisata ramai pada akhir pekan seperti sekarang. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru