Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Harap Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Guru di Pelosok

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Maret 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Guru merupakan sosok yang sangat berperan dan berjasa dalam upaya mencerdasakan anak bangsa atau sumber daya manusia (SDM) di suatu negara terutama daerah-daerah.

Akan tetapi, masih ada banyak guru-guru yang belum merasakan sejahtera baik dari sisi kehidupan, perekonomian dan sebagainya. Oleh sebab itu Anggota DPRD Kalteng, Heri Santoso berharap kepada pemerintah agar dapat memperhatikan kesejahteraan guru terutama di wilayah-wilayah pelosok provinsi ini.

"Tentu kita sangat mengapresiasi perjuangan para guru yang telah berupaya mencerdaskan anak bangsa atau daerah di Kalteng ini terutama yang ada di wilayah-wilayah pelosok. Namun, kita harapkan pemerintah dapat senantiasa memperhatikan kesejahteraan para guru yang ada," ujarnya, Senin, 14 Maret 2022.

Dia menyebutkan, perhatian pemerintah terhadap sektor pendidikan tidak hanya diberikan pada sarana dan prasarana atau fasilitas penunjangnya saja, akan tetapi juga kesejahteraan para guru yang mengajar.

Selama ini, masih banyak guru-guru yang bertugas di wilayah pelosok minim akan perhatian, contoh kecilnya saja seperti keberadaan rumah dinas untuk ditempati guru yang bekerja di desa-desa ada yang sudah tidak layak ditempati bahkan tidak ada sama sekali rumah dinasnya.

Padahal, agar para guru yang bertugas di wilayah terpencil atau pelosok tetap betah bekerja, hal kecil seperti itu seharusnya dapat diperhatikan oleh pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota.

"Minimnya perhatian terhadap fasilitas seperti rumah dinas ini, membuat kebanyakan para guru di wilayah pelosok menjadi tidak betah, sehingga membuat mereka ingin pindah tugas. Seharusnya hal seperti ini harus bisa menjadi perhatian pemerintah, sehingga guru-guru yang ada merasa betah apabila diperhatikan," tuturnya.

Dirinya berharap, pemerintah kedepan supaya dapat fokus memberikan perhatian terhadap sektor pendidikan terutama kesejahteraan para guru, sebab hal itu sangat penting karena guru merupakan tonggak utama dalam upaya menciptakan SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru