Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bekantan Acak-Acak Kebun Sayur Warga di Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 15 Maret 2022 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor bekantan kedapatan warga mengacak-acak kebun sayur di Jalan Bumi Asri atau Jalan Bumi Ayu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit Kotawaringin Timur, Senin siang, 14 Maret 2022. Bekantan tersebut memakan sayur-mayur yang ditanam warga.

Ketua RT setempat, Bahrul Maji M menjelaskan, warga terpaksa menangkap bekantan itu karena khawatir menyerang manusia. Warga beramai-ramai mengejar primata itu di kebun hingga akhirnya tertangkap. 

"Setelah bekantan itu kelelahan warga akhirnya dapat mengamankan bekantan itu. Lalu mengikatnya di pohon," katanya. 

Kemudian warga pun menghubungi pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dengan harapan petugas dapat segera mengevakuasi hewan berhidung mancung itu. Beberapa jam kemudian petugas BKSDA bersama personel Manggala Agni mendatangi lokasi. 

"Kondisi bekantan tampak baik dan tidak ada luka," jelas Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah. 

Petugas pun langsung memasukkan ke kandang yang telah dibawa. Namun saat eksekusi petugas sedikit terkendala karena bekantan terbilang besar dan buas. Apalagi di lokasi warga berdatangan karena ingin melihat satwa dilindungi itu. 

Setelah sempat berlangsung dramatis akhirnya petugas dibantu warga berhasil memasukkan bekantan ke dalam kandang hingga akhirnya dibawa ke kantor BKSDA Pos Jaga Sampit. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru