Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ternyata Ini Pentingnya Penyusunan LPPD

  • Oleh Riska Yulyana
  • 15 Maret 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson menjelaskan alasan pentingnya dibuatnya Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) untuk sebuah pemerintahan.

"Penyusunan LPPD merupakan salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintahan daerah," ujar Yansiterson melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten I Setda, Lurand, Selasa 15 Maret 2022.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa LPPD juga sebagai dasar evaluasi, menilai kinerja pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kinerja guna mendukung pencapaian tujuan penyelenggaraan otonomi daerah yang berdasarkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

Penyusunan LPPD ini diatur oleh Permendagri Nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang Laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Lurand juga memaparkan bahwa LPPD merupakan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran. Isinya yakni terkait program dan kegiatan, tingkat capaian standar pelayanan minimal, jumlah pegawai, kualifijasi pendidikan, pangkat dan golongan, jumlah pejabat struktural dan fungsional, alokasi dan realisasi anggaran, kondisi sarana dan prasarana yang digunakan, permasalahan dan kondisi serta hal-hal yang dianggap perlu dilaporkan.

Selain itu juga terdapat indikator kinerja kunci (IKK) yang berisikan data capaian kinerja yang diisi oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan fungsinya dan disampaikan kepada kepala daerah melalui tim penilai.

"Kami sampaikan kepada seluruh peserta asistensi agar laporan dibuat dengan baik dan benar. Bagi perangkat daerah yang sampai dengan saat ini belum menyampaikan data dukung terkait penyusunan LPPD, agar segera menyampaikan hal tersebut," tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas gelar kegiatan Asistensi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Gunung Mas berbasis Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SILPPD) tahun 2022 di Aula Bappedalitbang Senin 14 Maret 2022.

"Tujuan dilaksanakanya kegiatan ini salah satunya yakni sebagai upaya peningkatan pemahaman dalam membuat dan menyusun LPPD Kabupaten Gunung Mas tahun 2021," ujar panitia penyelenggara Jepin melalui laporan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasubag Kerjasama dan Otonomi Daerah Ricky Abner Singarimbun. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru