Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Puskesmas di Barito Timur Segera Reakreditasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Maret 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 8 puskesmas di Kabupaten Barito Timur segera menjalani reakreditasi atau penilaian ulang dari lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditunjuk Kementerian Kesehatan.

"Dalam waktu dekat akan dilaksanakan (reakreditasi). Kami sudah mendapatkan pemberitahuan dari Kementerian Kesehatan. Reakreditasi seharusnya dilakukan 3 tahun sekali, namun karena pandemi covid-19 sempat tertunda sehingga akan dilaksanakan pada tahun ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur Jimmi WS Hutagalung di ruang kerjanya, Rabu, 16 Maret 2022.

Menurutnya, tujuan reakreditasi puskesmas untuk memperbaiki secara berkelanjutan sistem dan mutu pelayanan yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

Kemudian, status akreditasi sendiri merupakan pengakuan terhadap puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi setelah dinilai bahwa puskesmas telah memenuhi standar pelayanan puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas secara berkesinambungan.

Jimmi mengungkapkan, terdapat beberapa tingkatan akreditasi puskesmas, mulai dari yang belum terakreditasi, selanjutnya terakreditasi dasar, madya, utama dan yang paling tinggi terakreditasi paripurna.

"Saat ini dari 11 puskesmas yang ada di Barito Timur satu puskesmas terakreditasi madya Sedangkan yang lainnya pratama yaitu Puskesmas Bentot di Kecamatan Patangkep Tutui Tutui," jelas Jimmi.

Karena itu dia mengajak seluruh Puskesmas yang ada di Barito Timur untuk meningkatkan pelayanan mutu pelayanan. Jimmi mengatakan, meskipun saat ini dalam kondisi pandemi covid-19 tetap ada standar pelayanan minimal yang dapat dinilai, baik itu penyakit lain, kunjungan kepada ibu dan anak maupun program-program yang dijalankan puskesmas.

"Mohon dukungan doa agar 8 puskesmas yang akan reakreditasi ini bisa meningkatkan mutu pelayanannya," tandas Jimmi. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru