Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Teweh Tengah Kukuhkan Tiga Pengurus Karang Taruna

  • Oleh Ramadani
  • 17 Maret 2022 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Camat Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Jati Prayogo mengukuhkan tiga pengurus Karang Taruna di aula pertemuan Kecamatan Teweh Tengah, Rabu, 16 Maret 2022. Tiga pengurus itu yakni dari Karang Taruna Kecamatan Teweh Tengah, Karang Taruna Bina Pandu Kelurahan Melayu dan Karang Taruna Juwei Batara Kelurahan Lanjas.

Jati Prayogo mengatakan, dalam Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna, Pasal 18 ayat 1 yang berbunyi keanggotaan Karang Taruna menganut system stelsel pasif, yaitu setiap generasi muda yang berusia 13-45 tahun otomatis menjadi anggota Karang Taruna.

“Ada alasan kenapa karang taruna menjadi organisasi penting dan harus ada dalam masyarakat. Karena pemuda memiliki tanggung jawab sendiri sebagai bagian dari masyarakat. Salah satu contoh, aksi kriminalitas kebanyakan dilakukan oleh orang-orang yang masih muda atau usia produktif, karena jarang ada penjahat di bawah umur atau orang lanjut usia dengan tubuh yang sudah renta,” kata mantan ajudan Bupati Barito Utara ini.

Di samping itu juga, kata Jati Proyogo, berdasarkan peraturan Menteri Sosial RI Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna, Pasal 1 ayat 1 berbunyi, organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial diri oleh dan untuk generasi muda. 

“Dengan kata lain Karang Taruna merupakan organisasi yang didirikan khusus untuk menampung dan sebagai wadah mengembangkan potensi dan kemampuan generasi muda,” ujarnya.

Selain itu juga, Karang Taruna hadir untuk menjembatani para pemuda-pemudi dalam berkreatifitas, berkreasi, bersosialisasi yang nantinya diharapkan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

“Dan yang paling penting karang taruna dapat mendukung pembentukan karakter individu,” ucapnya lagi.

Mantan Kabag Protokoler Setda Barito Utara ini juga mengistilahkan bahwa pergaulan buruk merusak kebiasaan yang baik. “Karakter dibentuk dalam pergaulan kita sehari-hari. Berkumpul, bertukar pikiran dan duduk bersama menyelesaikan segala permasalahan dengan orang lain yang memiliki pandangan, kepribadian dan cara hidup yang baik tidak hanya kemampuan intelektual namun juga meningkatkan kecerdasan emosional individu,” paparnya.

Ia berharap, pengurus Karang Taruna masa bhakti sebelumnya tetap berpartisipasi aktif dalam membangun organisasi, baik di kecamatan maupun di kelurahan.

“Selamat atas terpilihnya saudara-saudari sebagai pengurus karang taruna kecamatan dan kelurahan masa bhakti 2022-2026,” katanya.

“Karang Taruna Kecamatan bisa berkoordinasi dengan saya selaku Camat Teweh Tengah dan membantu saya dalam permasalahan dan giat kepemudaan di wilayah Kecamatan Teweh Tengah,” tukasnya.(RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru