Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Komitmen Jalankan Rekomendasi Apeksi

  • Oleh Hendri
  • 18 Maret 2022 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyatakan komitmen untuk melaksanakan sejumlah rekomendasi hasil Rapat Kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan.

Apeksi tersebut sebelumnya dilaksanakan di Kota Singkawang, Kalimantan Barat sejak 15 sampai 18 Maret 2022. Tema yang diangkat pada rapat kerja ini adalah smart City sebagai Solusi Masalah Perkotaan. Kegiatan dibuka Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan dan diikuti 9 Walikota di Kalimantan.

"Ada 3 hasil rapat dalam bentuk rekomendasi untuk dilaksanakan seluruh pemerintah kota di Kalimantan. Pemko Palangka Raya juga menyatakan komitmen terkait rekomendasi tersebut," kata Fairid, Jumat 18 Maret 2022.

Adapun beberapa hal yang menjadi rekomendasi dari rapat kerja itu di antaranya Apeksi tetap perlu memberikan dukungan secara penuh untuk pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia ke Provinsi Kalimantan Timur.

"Apeksi mendukung melalui usulan kepada pemerintah untuk percepatan pembangunan kota-kota penyangga IKN," ujarnya.

Kedua, Apeksi perlu menyikapi dengan bijak atas segala sikap pro dan kontra yang muncul dalam masyarakat atas persiapan pemindahan Ibu Kota Negara  Republik Indonesia ke Provinsi Kalimantan Timur.

Ketiga yakni Apeksi tetap perlu mendorong melalui Kementerian teknis agar ekspor produk barang olahan Kalimantan langsung melalui Pelabuhan di Kalimantan melewati Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II).

Rapat Kerja ini merupakan wadah untuk memberikan solusi atas masalah atau isu yang terjadi di Kota-Kota yang ada di Kalimantan, wadah untuk bertukar pikiran dan ilmu yang bermanfaat.

Selain itu menjadi wadah menyamakan persepsi dalam persiapan Kalimantan sebagai Ibu Kota Negara lebih tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur dan Kota-Kota lainnya di Kalimantan sebagai kota penyangga. (HENDRI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru