Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bunda PAUD Desa Diminta Lakukan Pengawasan untuk Cegah Kekerasan Terhadap Anak

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 Maret 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyaknya kasus tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak akhir-akhir ini, salah satu faktor penyebabnya karena kurangnya pengawasan.

Untuk itu, peran keluarga dinilai menjadi benteng utama sebagai langkah antisipasi kasus serupa kembali terulang. Selain itu, perlu adanya sinergitas antar elemen di masyarakat dalam melakukan pengawasan.

"Peran TP-PKK maupun Bunda PAUD di berbagai tingkatan mulai kecamatan hingga kelurahan dan desa sangat penting membantu pengawasan di masyarakat, terutama mengingatkan peran keluarga," kata Bunda PAUD Kobar, Mina Irawati, Minggu, 20 Maret 2022.

Mina pun meminta kepada bunda PAUD desa dan pengurus PKK untuk tidak ragu menghubungi aparat penegak hukum, apabila mengetahui informasi kekerasan terhadap anak.

"Jika mengetahui ada informasi kekerasan anak bisa koordinasi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa. Jadi sama-sama memantau di lingkungan masing-masing" ungkapnya.

Dia juga berharap korban kekerasan mendapat pendampingan dari pemerintah daerah sampai kondisi psikisnya membaik. Hal ini menghindari korban mengalami traumatis yang mendalam.

"Jangan sampai dikucilkan di masyarakat supaya tidak jadi beban buat si korban dan juga harus ada pendamping psikolog anak," harapnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru