Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Banyak Kios Kosong di Pasar Eks Mentaya, ini Penjelasan Disperdagin Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 21 Maret 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kios di Pasar Eks Mentaya masih banyak yang kosong hingga saat ini. Kios tersebut sebetulnya sudah ada pemiliknya, namun masih belum ditempati dengan alasan yang tidak diketahui.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Pasar (Disperdagin) Kotawaringin Timur, Zulhaidir menjelaskan jumlah kios yang disiapkan pemerintah sangat banyak di pertokoan itu, yakni di lantai 1 hingga lantai 2.

Pasar yang terletak berhadapan dengan taman kota Sampit ini lebih sedikit peminatnya dibandingkan dengan pasar sebelumnya yang berada di pinggiran Taman Kota Sampit.

"Kami ingin pasar terlihat rapi dan teratur. Sehingga pedagang-pedagang dipindahkan ke pasar yang sudah disiapkan ini," kata Zulhaidir, Senin, 21 Maret 2022.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kotawaringin Timur Tahun 2020, ada 232 pedagang yang terdaftar di Pasar Eks Mentaya Sampit. Sebanyak 188 pedagang di antaranya telah melakukan pengundian pada 14 Maret 2020 lalu.

Pedagang di Pasar Eks Mentaya ini merupakan gabungan dari pedagang yang dulu berjualan di taman kota dan pedagang yang memang berasal dari Pasar Eks Mentaya.

"Untuk pedagang dari Taman Kota sekitar 370 pedagang, sedangkan pedagang Eks Mentaya sekitar 130," ungkapnya.

Jumlah kios di bangunan pasar eks mentaya yakni sebanyak 363 ruko atau kios, dengan total 12 blok mulai dari blok A sampai blok L.

Adapun di lantai 1 berjumlah 178 ruko dan lantai 2 berjumlah 168 ruko serta ada sekitar 17 kios yang tidak digunakan dan akan dialihfungsikan sebagai jalan pintas untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung.

"Sebagian pedagang sudah mendapatkan kios masing-masing melalui pengundian dan diminta menempati ruko paling lambat 20 Maret 2020. Pedagang lain yang belum pindah jumlahnya sekitar 70 pedagang," ujarnya. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru