Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Henda Sentra Penghasil Semangka Pulang Pisau

  • Oleh Asprianta
  • 21 Maret 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau melalui Bidang Holtikurtura pada tahun anggaran 2022, salah satunya fokus pengembangan tanamam Semangka di Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya. Mengingat Desa Henda, merupakan salah satu sentra penghasil semangka di Kabupaten Pulang Pisau.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto saat mendamping Bupati Pulpis meninjau lokasi food Estate di Kecamatan Jabiren Raya belum lama ini.

"Bahwa pada TA 2022, salah satu program bidang Holtikultura adalah pengembangan tanaman semangka di Desa Henda," kata Slamet.

Menurutnya, dipilih Desa Henda sebagai pengembangan budidaya tananam semangka, karena di wilayah tersebut merupakan sentra penghasil buah semangka.

”Karena keterbatasan anggaran. Jadi pada tahun ini, yang mendapatkan program ini ada satu kelompok,” ucapnya.

Slamet menambahkan bahwa guna mensukseskan program tersebut pihaknya berkoordinasi dan melibatkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) setempat.

Mengingat, lanjutnya, tidak lama lagi kita bakal menghadapi bulan Ramadhan sehingga diprediksi permintaan buah semangka untuk kebutuhan masyarakat cukup tinggi.

”Seperti tahun sebelumnya, memasuki bulan Ramadhan tingkat permintaan dan kebutuhan buah semangka cukup tinggi, jadi kita akan mendorong para petani semangka khususnya di Kecamatan Jabiren Raya mulai melalukan persiapan sehingga pada saat bulan Ramadhan sudah bisa dilakukan panen. Kita juga akan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para petani sehingga buah semangka yang dihasilkan semakin baik,” harapnya. (ang)

Berita Terbaru