Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Harap Pemerintah Bangun Jalan Tol dari IKN Menuju Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Maret 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, M Sriosako berharap, kedepan, pemerintah pusat dapat membangun jalan tol dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menuju Kalteng.

Menurutnya, pembangunan jalan tol itu perlu. Sebab, Kalteng merupakan salah satu daerah penyangga IKN baik dari segi ketahanan pangan dan lain sebagainya. Sehingga, dengan adanya jalan tol akan mempermudah akses distribusi barang dan jasa menuju IKN.

"Harapan kita jalan tol itu nantinya dibangun dari IKN Nusantara hingga ke Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Kalteng ini kan salah satu penyangga IKN seperti dalam hal ketahanan pangan, apalagi di sini ada food estate jadi akan lebih mudah mendistribusi hasilnya ke IKN," ucapnya, Kamis, 24 Maret 2022.

Dia mengatakan, DPRD bersama Pemprov Kalteng tentunya akan senantiasa mendukung pembangunan infrastruktur tersebut jika memang diperlukan mulai dari pembiayaan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kalteng dan lain sebagainya.

"Untuk memastikan itu, hal ini akan kita kunsultasikan dan usulkan ke pemerintah pusat. Yang pasti kita berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur jalan maupun jempatan yang menghubungkan IKN dengan provinsi ini," ujarnya.

Tidak hanya mendorong pembangunan infrastruktur, pihaknya juga mendorong peningkatan pengembangan program swasembada pangan melalui food estate yang ada di Kalteng. Itu supaya kedepan program tersebut benar-benar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga daerah.

"Yang kita ingin tentu food estate ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu kita mengusulkan supaya ada bantuan alat pertanian, khususnya bagi peladang lokal," sebutnya.

"Rencananya juga pekan ini kami akan berkunjung ke pemerintah pusat, dalam rangka mendorong peningkatan berbagai sektor. Mulai dari peningkatan di bidang infrastruktur baik darat maupun laut, kemudian juga peningkatan tenaga kerja dalam upaya mendukung food estate dan IKN Nusantara," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru