Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perencanaan Pembangunan Harus Efisien dan Efektif

  • Oleh Trisno
  • 28 Maret 2022 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M Yoseph menegaskan, beberapa Program akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

Yakni pembangunan sarana dan prasarana dasar, memperkuat kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, meningkatkan mutu kesehatan dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Program unggulan harus tetap dilanjutkan dan dimantapkan yaitu Mura cerdas, Mura sehat merealisasikan Mura sejahtera, serta percepatan program pembangunan Desa maupun Kelurahan,” kata Perdie M Yoseph dalam Musrembang Kabupaten beberapa waktu lalu.

Bupati Perdie menyampaikan, bahwa program yang dimaksudkan tersebut agar dapat mencapai Murung Raya EMAS di tahun 2030.

Selain itu, dalam perencanaan yang efisien dan efektif akan menjadi tolak ukur dalam Akuntabilitas Pemerintah.

“Perencanaan pembangunan yang tidak efisien dan efektif akan menimbulkan pencitraan yang negatif terhadap kualitas pelayanan aparatur Pemerintah,” imbuhnya.

Lebih dalam, dalam musyawarah tersebut kata Perdie bahwa besar atau kecilnya anggaran bukan tolak ukur suksesnya perencanaan, tetapi seberapa besar manfaat dari perencanaan tersebut bagi masyarakat.

“Saya perlu tekankan adalah baik dari jumlah anggaran tetapi profesionalisme dan bobot pelayanan publik yang tidak memandang besar kecilnya anggaran tetapi kebermanfaatannya perencanaan tersebut bagi masyarakat,” tegasnya.

Kepala BappedLitbang Mura Pahala Budiawan, mengatakan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kabupaten Murung Raya untuk tahun anggaran 2023 merupakan wadah untuk fasilitasi antar pemangku kepentingan pembangunan serta sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

Tema Pembangunan RPJMD 2018 – 2023 pemerintah kabupaten Murung Raya untuk tahun anggaran 2023 adalah pemantapan kesejahteraan masyarakat menuju Murung Raya sejahtera dan bermartabat. (Trs)

Berita Terbaru