Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perpustakaan Barito Timur Dukung Peningkatan Literasi Anak Usia Dini

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Maret 2022 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah atau DPKD Kabupaten Barito Timur mendukung pengembangan kemampuan literasi anak usia dini dengan meningkatkan minat baca. Hal ini ditandai dengan menerima kunjungan guru dan murid TK Alfitrah Tamiang Layang, Selasa, 29 Maret 2022..

Kepala DPKD Barito Timur, Frindiano Leloni, mengatakan menyambut gembira kunjungan TK Alfitrah Tamiang Layang karena peran perpustakaan merupakan jendela dunia sehingga sangat baik apabila  sedini mungkin pihak sekolah dan orang tua memperkenalkan pentingnya kebiasaan membaca bagi anak usia dini.

"Zaman sekarang ini minat baca sangat penting karena manfaat dan dampak positif bagi anak untuk mengembangkan kemampuan literasi sejak dini yang dapat mempengaruhi pada prestasi dan perkembangan akademik sang anak," ujarnya.

Frindiano menjelaskan, peran perpustakaan sangat penting dalam menanamkan kemampuan literasi pada murid TK karena bermanfaat untuk mempersiapkan anak untuk masuk sekolah serta mempengaruhi perkembangan akademik anak.

"Kemampuan literasi juga penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada anak dan meningkatkan hubungan sosial anak. Selain itu, kemampuan literasi juga berguna bagi kesehatan mental anak," lanjutnya.

Karena Frindiano berharap TK-TK yang lain di Barito Timur dapat mengagendakan kunjungan seperti ini DPKD untuk memperkenalkan perpustakaan kepada anak usia dini dan memicu minat baca mereka.

Selama kunjungan siswa TK Alfitrah diperkenalkan dengan fungsi dan manfaat perpustakaan, mendengarkan cerita dan belajar membaca. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru