Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Gencar Sosialisasi Program Kampung Iklim

  • Oleh Hendri
  • 01 April 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup gencar melaksanakan sosialisasi tentang program kampung iklim atau Proklim.

Melalui ini pemerintah mengajak semua individu masyarakat untuk bersama-sama menjadi pelopor dan penggerak gaya hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing.

"Kami meyakini kita semua bisa dan dapat menjadi motor utama dalam menciptakan kelestarian lingkungan hidup," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya, Achmad Zaini, Jumat 1 April 2022.

Ia mengatakan, kolaborasi antara semua pihak untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sangat penting. Dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah dan swasta dapat dirintis untuk memperkuat aksi-aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim keberlanjutan.

Zaini menyebutkan perubahan iklim telah menyebabkan berubahnya pola hujan, naiknya muka air laut, terjadinya badai dan gelombang tinggi, serta dampak merugikan lainnya yang mengancam kehidupan masyarakat.

Perubahan iklim dapat meningkatkan risiko terjadinya bencana terkait iklim seperti kekeringan, banjir, longsor, gagal panen, rob, serta meningkatnya wabah penyakit terkait iklim seperti malaria, demam berdarah dan diare.

"Perubahan iklim telah dirasakan di Kota Palangka Raya, ditandai dengan adanya peningkatan suhu dalam beberapa tahun terakhir ini," ujarnya.

Untuk menghadapi hal tersebut, strategi pemanfaatan ruang di perkotaan, baik untuk kawasan budidaya maupun kawasan lindung, perlu dilakukan secara bijak. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru