Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Diminta Perhatikan Kesejahteraan Guru

  • Oleh Donny Damara
  • 01 April 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh meminta kepada pemerintah supaya memperhatikan kesejahteraan guru khususnya di Kalteng, terutama guru yang berstatus honorer dengan masa pengabdian cukup lama.

Dia mengatakan, sudah menjadi kewajiban pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru, sebab guru merupakan ujung tombak dan tulang punggung bangsa dalam upaya mencetak generasi penerus dari sektor pendidikan, sehingga suatu daerah bisa memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, unggul serta mampu bersaing.

"Peran guru ini sangat penting, sehingga kesejahteraannya perlu diperhatikan, terutama bagi mereka yang berstatus honorer dengan masa pengabdian yang cukup lama. Ada begitu banyak orang yang berhasil dan sukses, dan semua itu merupakan jasa para guru," ujarnya, Jumat, 1 April 2022.

Dia menjelaskan, salah satu yang memprihatikan hingga saat ini yaitu masih ada guru yang berstatus honorer menerima gaji diantara Rp 300 ribu - 1 juta saja, sehingga hal itu tidak dapat menunjang dari sisi kehidupan maupun perekonomian, terlebih yang berada di wilayah pelosok.

Oleh karenanya, untuk memberikan perhatian terhadap kesejahteraan para guru itu ada baiknya pemerintah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota menyiapkan atau mengalokasikan anggaran untuk menggaji tenaga guru yang berstatus honorer tersebut.

"Atau bisa juga dengan solusi lain yakni pemerintah daerah mengajukan ke pemerintah pusat, supaya para guru yang berstatus honorer dengan pengabdian yang cukup lama ini diangkat menjadi ASN atau PPPK tanpa tes," ucapnya.

Dirinya berharap, apa pun solusi yang diberikan pemerintah yang terpenting yaitu para guru bisa sejahtera, dengan demikian hal tersebut dapat mendongkrak semangat tenaga guru ini agar bisa bekerja maksimal dalam upaya meningkatkan kualitas SDM khususnya di Kalteng. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru