Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Timur Rencanakan Vaksinasi Booster Massal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 April 2022 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kesehatan Barito Timur berencana untuk menggelar vaksinasi covid-19 booster massal di Kota Tamiang Layang dan Kota Ampah. Kegiatan vaksinasi booster massal tersebut juga tetap melayani masyarakat yang belum disuntik dosis 1 dan dosis 2.

"Kami rencanakan tanggal 11 April untuk Tamiang Layang dan 14 April untuk Ampah," ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Enikuane di ruang kerjanya, Jumat, 1 April 2022.

Saat ini, pihaknya mulai menyebarkan formulir pendaftaran secara online melalui Google Form agar masyarakat dapat mendaftarkan diri lebih awal. Selain itu, bagi masyarakat yang tidak bisa mendaftar secara online dapat langsung datang ke kantor dinas kesehatan atau puskesmas terdekat dengan membawa KTP.

Enikuane menjelaskan, vaksinasi massal dilakukan untuk meningkatkan cakupan dosis lanjutan atau booster di Barito Timur yang saat ini baru mencapai 11,34 persen.

"Ini juga untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang akan mudik lebaran menyusul vaksin booster yang disyaratkan pemerintah bagi pemudik," jelasnya.

Terkait jam pelaksanaan vaksinasi massal, dinas kesehatan masih terus berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya karena untuk menentukan waktu yang tepat karena pelaksanaan di tengah bulan puasa.

Hingga 31 Maret 2021, cakupan vaksinasi dosis 1 untuk masyarakat umum di Barito Timur telah mencapai 93,56 persen, kemudian lansia 69,36 persen, remaja 92,49 persen dan anak 94,29 persen.

Sedangkan dosis 2 untuk masyarakat umum mencapai 67,28 persen, lansia 58,15 persen, remaja 84,34 persen dan anak 81,24 persen.

"Vaksinasi booster kita saat ini urutan kelima se-Kalimantan Tengah, tapi kita akan tingkatkan terus cakupannya supaya masyarakat terhindar dari resiko penularan covid-19," kata Enikuane. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru