Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Apresiasi Kebijakan Polda Kalteng Terkait Rekrutmen Anggota Polri

  • Oleh Donny Damara
  • 05 April 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengapresiasi kebijakan Polda Kalteng terkait rekrutmen anggota polri khususnya mengakomodir putra-putri asli provinsi ini.

Menurutnya hal itu tentu patut didukung, sebab putra-putri asli Kalteng bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi anggota polri. Sehingga, tidak ada kesenjangan yang terjadi dalam upaya rekrutmen tersebut.

"Kemarin kita menggelar RDP dengan pihak Polda Kalteng, ada banyak usulan yang kita sampaikan seperti salah satunya mengkoordinasikan mengenai rekrutmen anggota polri. Dari yang kita dengarkan ada kebijakan yang memang patut kita apresiasi," ucapnya, selasa, 5 April 2022.

Dia mengungkapkan, dari apa yang disampaikan oleh pihak dari Polda Kalteng bahwa ada kebijakan rekrutmen anggota polri atau calon bintara yakni sebanyak 70 persen putra-putri daerah yang akan menimba ilmu di sekolah kepolisian negara (SPN) Bukit Rawi.

Hal ini tentu sangat bagus bagi putra-putri asli Kalteng yang berkeinginan menjadi abdi negara di kepolisian. Meski ada kebijakan demikian, namun diharapkan didalam pelaksanaan atau rekrutmennya tetap harus mengikuti ketentuan yang berlaku dan tidak menyalahi aturan.

Selain itu lanjut dia, pihak Polda Kalteng juga menyampaikan ada mekanisme serta kebijakan yang akan dilakukan untuk memenuhi kuota rekrutmen tersebut.

Misalnya, jika tidak ada yang memenuhi syarat maka akan ditelusuri apakah calon anggota polri itu memang berasal dari anak asli orang dayak atau tidak. Dan jika tidak ada maka akan ada kebijakan khusus untuk memenuhi kuota itu.

"Saya selaku wakil rakyat mewakili masyarakat Kalteng sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kebijakan-kebijakan instansi atau lembaga yang peduli dengan penduduk lokal. Karena memang, dengan adanya kebijaksanaan dari Polda Kalteng ini putra-putri daerah kita bisa turut bersaing untuk menjadi anggota polri," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru