Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Tewah Pupuh Bantu 7.500 Bibit dan Pakan untuk Budi Daya Ikan Keramba

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 April 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Tewah Pupuh Kabupaten Barito Timur memberikan bantuan 7.500 ekor bibit ikan mas untuk budi daya ikan dalam keramba kepada Kelompok Perikanan Batung Jari yang ada di desa tersebut. Selain bibit, pemdes juga menyediakan pakan ikan hingga panen tiba.

Kepala Desa Tewah Pupuh, Ardianto mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Desa tahap 1 tahun 2022.

"Jadi anggota kelompok yang terdiri dari 15 orang ini hanya bertanggung jawab merawat, menjaga dan memberi pakan hingga panen tiba," ungkap Ardianto, Rabu, 6 April 2022.

Dia menjelaskan, keramba yang dikelola oleh kelompok tersebut berjumlah 14 buah sesuai dengan jumlah anggota. Masing-masing keramba diisi 500 ekor benih ikan mas.

"Pembuatan keramba hasil swadaya kelompok, pemdes hanya menyediakan benih dan pakan ikan hingga panen yang diperkirakan setelah berusia 6 bulan," jelas Ardianto didampingi Babinsa.

Menurutnya, hasil panen ikan nanti akan ditampung oleh BUMDes setempat yang kemudian dijual kepada pengepul. Penyediaan benih dan pakan pada tahap berikut juga akan dilakukan oleh BUMDes.

"Jadi nanti BUMDes yang akan menjualnya karena sudah punya jaringan pengepul. BUMDes juga yang bertanggung jawab untuk menyediakan bibit dan pakan lagi," lanjut Kades.

Jika budi daya kali ini berhasil, Pemdes Tewah Pupuh berencana menambah kelompok perikanan lagi. Karena itu Ardianto berharap Sungai Tewah sebagai tempat pengembangan budidaya ikan keramba tidak tercemar luapan lumpur dari jalan hauling batubara lagi.

"Kalau sampai terjadi pencemaran dan usaha masyarakat ini terganggu kami akan meminta perusahaan bertanggung jawab, kami berharap pemerintah daerah ikut memantau hal ini," kata Ardianto.

Babinsa Pratu Ahmad Asmawi yang turut meninjau budidaya ikan keramba tersebut mengapresiasi program pemberdayaan yang dilakukan Pemdes Tewah Pupuh. Dia juga menyampaikan dukungan atas program yang dijalankan pemerintah desa untuk membangkitkan perekonomian warga.

"Kami akan mendampingi masyarakat di sini agar sungai ini sebagai sumber penghidupan masyarakat tidak tercemar sehingga budidaya ikan dalam keramba bisa berhasil," kata Ahmad. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru