Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelas Dongeng Kelurahan Kalampangan Hadir Setiap Minggu

  • Oleh Hendri
  • 08 April 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kelas mendongeng di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau dibuka setiap hari minggu. Kelas ini dibuka untuk meningkatkan kecakapan anak dan sebagai implementasi kebijakan TP-PPK untuk mewujudkan gerakan cinta anak.

"Sementara ini ada 10 anak yang bergabung, semoga ke depannya semakin banyak anak yang bergabung karena mendongeng memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak," kata Lurah Kalampangan, Yunita Martina, Jumat, 8 April 2022.

Kelas ini dibuka mulai Pukul 09:00 WIB -10:00 WIB dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Yunita mengatakan, mendongeng tidak hanya mempererat bonding, manfaat dongeng juga dapat meningkatkan daya imajinasi, serta membantu proses tumbuh kembang anak lewat stimulasi.

Seiring perkembangan teknologi, kegiatan mendongeng saat ini nyaris terlupakan. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapatkan anak-anak saat mendengarkan dongeng. Apalagi jika dibacakan oleh orang tuanya.

"Mendongeng mampu mengembangkan daya imajinasi anak. Dunia anak penuh dengan imajinasi, maka melalui cerita yang disampaikan, anak mampu menghidupkan karakter atau tokoh cerita dalam imajinasinya," ungkapnya.

Menurutnya, kemampuan berimajinasi ini menjadi bekal yang positif bagi perkembangan otak anak. Sebab anak yang memiliki daya imajinasi yang rendah akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi, beradaptasi dengan lingkungan baru atau memunculkan ide-ide baru di masa depan. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru