Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Koperasi Industri Perdagangan dan UMKM Katingan Lakukan Tera Ulang di Sejumlah SPBU

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 April 2022 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pihak Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Katingan melakukan tera ulang di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar minyak atau SPBU.

Seperti pada Selasa, 12 April 2022, sejumlah petugas dari dinas tersebut melaksanakan tera ulang di SPBU PT Insan Muliya Raya Kasongan.

Kepala Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Katingan, Heny Balawa melalui Kabid Kemetrologian, Damai menuturkan, menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah, pihaknya melakukan pengawasan pasar maupun SPBU.

"Tujuannya sesuai dengan surat Dirjend Kemetrologian bahwa kita harus melakukan pengawasan dalam rangka menyambut bulan puasa dan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah," kata Damai.

Dia mengatakan, hasil tera ulang di SPBU ini menujukkan tidak adanya penyimpangan. "Artinya sesuai dengan ketentuan, konsumen maupun produsen tidak ada yang dirugikan," jelas Damai.

Dia melanjutkan, pengujian tera ulang dilaksanakan setahun sekali untuk SPBU. Sedangkan kegiatan hari ini memang diminta oleh pihak Kementerian Perdagangan Dirjend Kemetrologian. "Kondisi terkait pengujian tadi semuanya memenuhi daripada aturan perundang-undangan terlebih Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Kemetrologian," katanya.

Damai menambahkan jika pihaknya bakal melaksanakan tera ulang atau pengujian di sejumlah SPBU lainnya terutama di jalan lintas termasuk Kereng Pangi dan Buntut Bali.

Ardiansyah, pengawas di SPBU PT Insan Muliya Raya Kasongan mengimbau kepada petugas SPBU agar lebih menertibkan lagi kepada pelanggannya. Dia mengatakan, SPBU ini buka 24 jam dengan menjual BBM jenis pertalit, pertamax maupun dexlite.

"Untuk pasokan BBM sendiri tiap hari, termasuk pertalite. Namun sejak harga pertamax naik, warga banyak yang membeli BBM jenis pertalite ini," sebut Ardiansyah. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru