Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Berpotensi sebagai Daerah Pengembang Sektor Peternakan dan Perikanan

  • Oleh Donny Damara
  • 14 April 2022 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Purman Jaya meyakini Kabupaten Barito Utara khususnya di bagian timur berpotensi sebagai daerah pengembang sektor peternakan dan perikanan.

Wilayah itu sangat cocok untuk mengembangkan peternakan sapi karena memiliki kawasan cukup rendah dan bisa sebagai tempat pengembangan sektor perikanan.

"Potensi yang dimiliki setiap daerah di Kalteng ini termasuk Barito Utara itu harus dapat digali dengan maksimal, karena memang potensi ini cukup menjanjikan," tuturnya, Kamis 14 April 2022.

Dia menjelaskan bila setiap potensi di wilayah digali dengan maksimal maka hal itu akan berdampak positif terhadap perekonomian daerah dari segi PAD dan juga kesejahteraan masyarakat.

Terlebih lagi posisi Kabupaten Barito Utara yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan letak dari Ibu Kota Negara (IKN) ke depan dirasa akan mampu menjadi penyangga.

Di sisi lain mengingat saat ini banyak yang telah mengimplementasikan atau mengelola peternakan dan perikanan modern, maka kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah perlu ditingkatkan melalui berbagai pelatihan.

"Tujuannya agar masyarakat nantinya mampu mengelola dengan baik secara mandiri usaha peternakan dan perikanan yang digelutinya. Artinya antara pemrintah dengan masyarakat harus saling mendukung," ucapnya..

"Selain itu dukungan pemerintah untuk membantu masyarakat juga harus ada seperti pengadaan bibit atau benih unggul karena selama ini masyarakat hanya menggunakan bibit lokal, jadi itu dirasa kurang maksimal dari segi produksi. Nah jika menggunakan bibit unggul tentu hasil produksinya cukup menjanjikan," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru