Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Beri Perhatian Fasilitas Kesehatan di Pelosok Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 17 April 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota melalui dinas terkait supaya dapat memberikan perhatian terhadap fasilitas kesehatan yang ada di wilayah pelosok Kalteng.

"Beberapa waktu lalu saya ada melaksanakan reses ke sejumlah daerah khususnya desa-desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas. Di sana ada sejumlah fasilitas kesehatan yang kondisinya terbengkalai, seharusnya hal itu harus diperhatikan oleh pemda," kata dia, Minggu, 17 April 2022.

Dia menegaskan, pemda jangan hanya berfokus memberikan perhatian terhadap fasilitas kesehatan yang ada di wilayah perkotaan saja. Akan tetapi, juga dilakukan secara merata hingga wilayah pelosok. 

"Pemerintah harus bisa mendorong pembangunan berkeadilan, penduduk kita ini khususnya di Kalteng tidak hanya berada di wilayah perkotaan tapi juga tersebar hingga pelosok atau desa. Jangan sampai tidak adanya pemerataan pembangunan membuat kesenjangan sosial, apalagi ini menyangkut sektor kesehatan," ujarnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor yang memang harus dapat diperhatikan oleh pemerintah agar pelayanan sektor kesehatan di wilayah pelosok dapat berjalan lancar. Di antaranya, akses jalan, jaringan listrik, dan telekomunikasi.

Pasalnya, selama ini infrastruktur jalan yang kurang memadai atau rusak, serta tidak adanya jaringan listrik maupun telekomunikasi membuat tenaga kesehatan baik perawat ataupun bidan yang bertugas di desa-desa terpencil tidak menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

"Secara pribadi saya tidak menyalahkan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah terpencil jika tidak menjalankan tugasnya dengan baik, tapi dengan kondisi seperti itu memang menjadi kendala bagi mereka. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pemda agar kedepan bisa dibenahi baik fasilitas kesehatannya, akses jalan, serta menyediakan jaringan listrik maupun telekomunikasi," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru