Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur: Tidak Ada Gagal Panen pada Musim Tanam Okmar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 April 2022 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Trikorianto mengungkapkan tidak ada petani yang mengalami gagal panen padi pada musim tanam Oktober-Maret atau Okmar.

Hal tersebut ditegaskannya usai melakukan monitoring dan evaluasi dalam beberapa hari terakhir sebagai upaya persiapan musim tanam April-September atau Asep.

Trikorianto juga menyampaikan, secara umum hasil panen Okmar cukup bagus sekalipun sempat mengalami kendala keterlambatan tanam akibat banjir.

"Puji tuhan secara gangguan produksi tidak ada sekalipun sempat ada tanaman padi yang terendam banjir," jelasnya di Tamiang Layang, Selasa, 19 April 2022.

Menurutnya, pada musim tanam Okmar tersebut luas tanam padi sawah dan lahan kering mencapai 5.000 hektare, sedangkan pada musim tanam Asep direncanakan seluas 3000 hektare, plus lahan jagung seluas 300 hektare.

Karena itu, memasuki musim tanam Asep ini, dia mengimbau jajarannya untuk mendampingi petani agar segera mempersiapkan lahannya.

"BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) dan penyuluh di lapangan sudah kami ingatkan agar mengantisipasi kemarau yang datangnya lebih awal sehingga petani tidak gagal tanam," tegasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru