Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pengembangan Potensi Hortikultura di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 20 April 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jainudin Karim mendorong pihak-pihak terkait dari pemda maupun masyarakat supaya dapat mengembangkan potensi hortikultura.

Kalteng merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi ekonomis cukup tinggi termasuk dalam mengembangkan atau budidaya tanaman hortikultura.

"Secara geografis wilayah Kalteng ini sangat cocok untuk mengembangkan tanaman hortikultura, jika itu dimanfaatkan atau digali dengan maksimal maka akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah maupun masyarakat," ucapnya, Rabu, 20 April 2022.

Dia mencontohkan seperti Kalimantan Selatan. Provinsi itu tergolong lebih maju dalam mengembangkan potesi hortikultura di wilayahnya. Padahal, Kalsel sendiri tidak jauh berbeda dengan Kalteng dari segi geografis.

"Kalau dilihat Kalsel ini sering dianggap lebih maju dan unggul dalam budidaya hortikultura, karena memang disana baik pemerintah maupun masyarakatnya mengembangkan itu secara optimal. Nah, inilah yang harusnya bisa diimplementasi di provinsi ini," sebutnya.

Salah satu potensi hortikultura yang bisa dikembangkan di Kalteng ini yakni seperti varietas unggulan buah-buahan diantaranya durian, rambutan serta beberapa jenis mangga. Jika hal ini dapat dikembangkan dengan maksimal maka akan menguntungkan bagi daerah.

"Apalagi di Kalteng ini masih banyak memiliki lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi itu, tinggal hanya bagaimana pemerintah kita melalui instansi terkait saja lagi memaksimalkannya, bisa juga bekerjasama dengan masyarakat. Jadi tidak hanya daerah yang diuntungkan tapi juga masyarakat," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru