Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Herson B Aden: SDA Kalteng Perlu Pengelolaan Berkelanjutan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 April 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden menyampaikan potensi Sumber Daya Alam (SDA) Kalteng perlu dikelola secara berkelanjutan 

"Potensi SDA yang sedemikian besar ini tentunya memerlukan pengelolaan yang efektif dan berkelanjutan, agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kalteng dan Indonesia pada umumnya," kata Herson saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng, seperti dikutip dari MMC Kalteng, Rabu 20 April 2022.

Dia menerangkan dalam beberapa waktu yang lalu, pengelolaan SDA di Provinsi Kalteng lebih bersifat ekstraktif dan dibawa ke luar Kalteng, melalui pelabuhan di luar Kalteng, sehingga daerah lain yang lebih merasakan manfaatnya.

“Bertolak dari pengalaman tersebut, maka ke depan kita harus lebih menekankan pada proses hilirisasi produk-produk SDA," tambahnya.

Langkah tersebut dilakukan dengan membangun kawasan-kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan laut, sehingga lebih memberikan efek ganda (multiplier effects) bagi perekonomian Kalteng.

Adapun hilirisasi industri juga getol digaungkan oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran. Ia selalu mendorong didirikannya pelabuhan.Selain itu bahan bahan mentah sumber daya alam Kalteng juga didorong untuk diolah dulu melalui industri sebelum dijual atau keluar dari wilayah Kalteng. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru