Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Gabungan di Kapuas Awasi Bahan Pangan Jelang Lebaran

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 April 2022 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Petugas gabungan dari Disdagperinkop dan UKM Kabupaten Kapuas didampingi Tim Koordinator dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya bersama Polres Kapuas, Satpol PP dan Dinkes melaksanakan kegiatan intensifikasi pengawasan bahan pangan ke beberapa titik di Kota Kuala Kapuas, Rabu 20 April 2022.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK), khususnya selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Tim dari BPOM yang dipimpin Wahyuri mengatakan untuk target pengawasan diutamakan pada pangan olahan Tanpa Izin Edar (TIE), kadaluwarsa dan rusak dalam artian kemasan penyok, kaleng berkarat dan lain-lain.

Begitu juga untuk sarana distribusi pangan yaitu berupa importir atau distributor, toko, supermarket, hypermarket, pasar tradisional serta pangan berbuka puasa diawasi.

“Dari hasil pengawasan yang ditemukan dilapangan terdapat ada beberapa produk Tanpa Ijin Edar karena tidak memiliki registrasi dari Dinas Kesehatan maupun BPOM,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Sumarno menyampaikan pentingnya pengawasan obat dan makanan ini bertujuan untuk memantau tanggal kadaluwarsa pada pangan sehingga dapat melindungi kesehatan masyarakat.

“Kami juga selalu siap meningkatkan kerjasama dan mensinergiskan kegiatan terkait pengawasan obat dan makanan di Kabupaten Kapuas bersama BPOM Palangka Raya, sebagai contoh dalam pengawasan produk dan memberikan penyuluhan kepada pelaku usaha menjelang hari besar keagamaan,” ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru