Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPOM Uji Sampel Makanan Dijual di Pasar Ramadan Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 April 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya melakukan kegiatan intensifikasi pengawasan pangan di bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Kabupaten Kapuas pada Rabu, 20 April 2022.

Dalam kegiatan ini mereka bersama instansi terkait di Kabupaten Kapuas yang tergabung dalam Tim Terpadu Pengawasan Pangan yang terdiri dari Disdagperinkop Kapuas, Polres, Dinkes, Satpol PP, dan lainnya.

Tim dari BPOM Palangka Raya yang dipimpin Wahyuri mengatakan bahwa sore ini melakukan kegiatan pemeriksaan terhadap makanan atau pangan takjil yang dijual di area Pasar Ramadan Jalan Maluku Kota Kuala Kapuas untuk mengetahui apakah terdapat bahan pangan yang dilarang atau tidak.

Satu persatu lapak pedagang di area pasar tersebut, khususnya yang menjual bahan makanan diambil sampelnya oleh petugas untuk dilakukan uji sampel.

"Uji sampel dilakukan di mobil laboratorium keliling, kita akan lakukan uji cepat di lapangan terhadap produk-produk kita ambil sampelnya untuk diuji parameternya terhadap pewarna yang dilarang, boraks, dan formalin," katanya, Rabu sore.

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Sementara, Kabid Perlindungan Konsumen Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Sumarno mengatakan seandainya nanti hasil uji sampel ada jenis makanan yang tidak layak dikonsumsi, maka akan dilakukan pembinaan terhadap pedagang.

"Hasil produksi makabab yang dijual itu kita tarik dan dalam hal ini kita beli, dan mereka tidak menjual lagi. Selanjutnya kita bina mereka cara memproduksi bahan makanan yang aman dan benar," ucap Sumarno. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru