Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama Ini Lahan Kosong Jadi Santapan Api

  • Oleh Naco
  • 27 April 2022 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD  Kotawaringin Timur  (Kotim) Rinie Anderson menyebut lahan kosong  merupakan santapan api selama ini.

Dari itu kata dia perlu instruksi dari kepala daerah untuk pemilik lahan, baik itu kebun skala besar, maupun kebun pribadi hingga pemilik lahan tidur yang tidak terkelola.

Di mana kata dia instruksi ini adalah kewajiban untuk menjaga dan memelihara agar tidak menjadi medan kebakaran di masa kemarau tahun ini. 

“Kami mendorong agar ada instruksi tertulis kepada semua pihak terutama lahan-lahan masyarakat yang kosong untuk bisa dijaga ketika menjelang musim kemarau. Karena prediksi tahun ini mungkin ada kemarau dan kita harus antisipasi sedini mungkin," katanya,  Rabu, 27 April 2022.

Menurutnya, jika  kedepannya memang perlu diterbitkan regulasi, untuk mewajibkan pemilik lahan membersihkan lahan secara berkala. Karena jika itu tidak dilakukan maka kasus kebakaran lahan  setiap tahun selalu terjadi dan terulang kembali.

"Ini harus serius ditangani agar kejadian kebakaran seperti tahun lalu itu tidak terulang lagi. Bayangkan jika semua lahan itu yang kebakaran dijaga dan dikelola maka tidak ada lagi wadah untuk api menjalar,” tukasnya.

Ia menyebutkan untuk pemilik lahan dalam jumlah lahan yang besar sudah diberikan kewajiban oleh negara untuk menjaga dan mengamankan lahan di areal usaha dan di luar areal usaha dengan radius di atas 3 kilometer.

Rinie menyebutkan beberapa tahun terakhir memang kebakaran hutan dan lahan sudah mulai bisa dikendalikan. Namun tahun sebelumnya tingkat kemarau  masih singkat. 

Tidak menutup kemungkinan jika kemarau sampai berbulan-bulan seperti halnya beberapa tahun silam kabut asap akibat karhutla bisa terulang kembali. (NACO/B-5)

Berita Terbaru