Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparat Pemerintah Desa Hingga Kecamatan Harus Bantu Pemutakhiran Data Kependudukan

  • Oleh Naco
  • 28 April 2022 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Hendra Sia meminta camat, lurah dan kepala desa membantu pemutakhiran data penduduk agar data yang dihasilkan benar-benar akurat sesuai kondisi di lapangan.

Menurutnya pemutakhiran data penduduk sangat penting. Selain untuk mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, data yang akurat juga sangat dibutuhkan pemerintah sebagai pertimbangan dalam membuat kebijakan.
 
Data penduduk yang akurat bermanfaat untuk program-program pemerintah agar tepat sasaran. Keakuratan data penduduk bisa dimanfaatkan untuk penyaluran bantuan, jaminan kesehatan serta menjadi syarat mendapatkan hak politik saat pemilu. 

Maka dari itu peran kepala desa dan lurah hingga camat sangat penting untuk membantu memantau perkembangan fluktuasi jumlah penduduk. 

"Camat selaku pemimpin wilayah di kecamatan diharapkan juga membantu kemudahan pemutakhiran data penduduk tersebut," katanya, Kamis 28 April 2022

Camat harus melaporkan jumlah penduduk, termasuk yang meninggal. Setiap camat juga sejauh ini sudah disurati.

"Kalau belum ada perkembangan, maka surati lagi camat, lurah dan kepala desa supaya menjalankan itu," ucapnya.

Camat, lurah dan kepala desa diharapkan bersinergi dengan Disdukcapil, termasuk dalam hal perekaman e-KTP. 

"Fasilitasi warga yang belum ikut perekaman e-KTP. Siapa tahu bisa dikejar di desa atau wilayah pelosok karena kami dapat informasi bahwa masih banyak warga yang belum memiliki KTP," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru