Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luas Tanam Padi pada Musim Asep di Barito Timur Sekitar 3.000 hektare

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Mei 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Trikorianto mengungkapkan, luas tanam padi pada musim tanam April-September atau Asep 2022 sekitar 3.000 hektare.

"Luas tanam diperkirakan sekitar 2.700 hingga 3.000 hektare. Musim tanam Asep ini sebagian besar agak mundur tanamnya karena keterlambatan tanam pada musim tanam Okmar (Oktober-Maret) akibat banjir," kata Trikorianto, Rabu, 11 Mei 2022.

Meski demikian, dia berharap petani dapat memanfaatkan curah hujan yang masih terjadi selama bulan Mei ini dengan mempercepat penanaman padi.

"Saat ini masih ada sebagian petani yang baru panen padi musim tanam Okmar. Kemarin saya menghadiri panen padi Desa Ramania Kecamatan Patangkep Tutui, mudah-mudahan hujan yang masih turun beberapa hari ini masih bisa dimanfaatkan untuk menanam lagi," tambah Trikorianto.

Menurutnya, hasil ubinan padi di Desa Ramania cukup bagus yakni menghasilkan 6,4 ton per hektare. Karena itu pada musim tanam Asep ini Trikorianto meminta penyuluh pertanian agar tetap mengintensifkan pendampingan kepada petani.

"Pada prinsipnya saya meminta BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) bersama penyuluh agar tetap intensif melakukan pendampingan kepada petani serta mengawal program yang digulirkan oleh pemerintah agar berhasil," pesannya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi awal musim kemarau tahun 2022 di Kabupaten Barito Timur akan dimulai pada pertengahan hingga akhir bulan Juni.

"Untuk Barito Timur awal musim kemarau diperkirakan   akan terjadi pada pertengahan hingga akhir Juni 2022, puncak musim kemarau merata di bulan Agustus 2022," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Kabupaten Barito Selatan, Nur Setiawan. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru