Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Gambut di Kalteng Memasuki Kategori di Bawah Baku Mutu

  • Oleh Nopri
  • 16 Mei 2022 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Kalteng, Nuryakin mengatakan, ekosistem gambut di Kalteng sudah memasuki kondisi di bawah baku mutu. Artinya, gambut telah mengalami kerusakan.

Kerusakan gambut tersebut seperti dalam kondisi kering, karena adanya upaya pengurasan air gambut secara besar-besaran melalui pembangunan kanal-kanal dengan berbagai macam tujuan seperti budi daya, ilegal logging dan lainnya.

"Ekosistem gambut yang seharusnya selalu lembab, basah dan tergenang air, pada akhirnya menjadi kering, sehingga menimbulkan bencana kebakaran dan kabut asap," katanya, Senin, 16 Mei 2022.

Ia mengatakan, restorasi gambut adalah proses panjang untuk mengembalikan fungsi ekologi pada ekosistem gambut. Namun demikian, itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terkena dampak dari lahan gambut yang terdegradasi.

"Pemulihan lahan gambut tentu tidak dapat berjalan begitu saja. Diperlukan langkah yang tepat untuk sampai pada kondisi lahan gambut yang baik," jelasnya.

Maka dari itu, tambah dia, perlu komitmen kuat dari dari berbagai pihak untuk tetap bahu membahu melakukan upaya-upaya pemulihan ekosistem gambut melalui kegiatan restorasi. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru