Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Samakan Tujuan Visi Dan Misi Penurunan Stunting

  • Oleh Asprianta
  • 19 Mei 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) setempat belum lama ini mengikuti Apel Siaga Nasional Tim Pendampingan Keluarga.

Apel tersebut dalam rangka untuk menyamakan tujuan visi dan misi dari tingkat provinsi, kabupaten hingga desa terkait dengan percepatan penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.

“Intinya kegiatan ini untuk menyamakan persepsi, menyatukan gerak, dari tingkat provinsi, kabupaten, desa yang misi utamanya adalah membuat gerakan percepatan penurunan Stunting di wilayah desa, kecamatan, sampai kabupaten,” kata Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau dr Bawa Budi Raharja.

Ia menjelaskan dalam Apel Siaga Nasional yang dipusatkan di Alun- Alun Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat itu Pemerintah Pusat mendorong agar Pemerintah Daerah untuk meningkatkan komitmen terutama pada sebuah Gerakan Pendamping Keluarga.

"Gerakan itu dimulai dari pendampingan bagi calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca salin dan anak usia di bawah dua tahun (Baduta) dalam upaya percepatan penurunan angka Stunting di Indonesia," ucapnya.

Menurutnya angka stunting di Pulpis mengalami penurunan. Hal itu berdasarkan Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (PPGBM) dari angka 21 persen menjadi 18,37 persen.

Hal tersebut membuktikan apa yang sudah dilakukan Tim Aksi Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting (KP2S) Kabupaten Pulang Pisau sudah berjalan dengan optimal.

"Jadi berbicara masalah program stunting, di Kabupaten Pulang Pisau sudah terintegrasi dan berjalan dengan maksimal dan keberhasilan penurunan angka stunting ini tidak lepas atas keterlibatan perangkat daerah terkait," jelasnya. (ang)

Berita Terbaru