Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Urbanisasi Dapat Dorong Meningkatnya Pendapatan per Kapita

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Berapa besaran kontribusi urbanisasi kepada pertumbuhan ekonomi menjadi pertanyaan yang selalu ditanyakan kepada Bank Indonesia setiap usai libur panjang yang memungkinkan masyarakat untuk mudik. Meski tidak bisa menjawab secara data, Bank Indonesia Kalimantan Tengah menyebut bahwa urbanisasi dapat mendorong meningkatnya pendapatan per kapita.

"Untuk mengukur besarannya secara kuantitatif tentunya perlu penelitian lebih lanjut, namun demikian urbanisasi dapat mendorong meningkatnya pendapatan per kapita," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins pada Kamis, 19 Mei 2022.

Hal ini disampaikan Yura pula berkaitan dengan kemungkinan terjadinya urbanisasi pasca libur Lebaran. Karena biasanya, ada saja masyarakat yang mengajak sanak keluarga untuk ikut pindah ke kota setelah berlibur Lebaran ke kampung atau mudik.

"Tentu meningkatnya pendapatan per kapita ini yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dengan besaran yang bervariasi di masing-masing daerah," jelas Yura lagi.

Meski mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Yura mengatakan bahwa urbanisasi juga perlu pengelolaan dan kesiapan yang baik dari kota yang menjadi tujuan sehingga tidak menimbulkan masalah perkotaan baru seperti kemiskinan, timbulnya kawasan kumuh, permasalahan lingkungan dan kesehatan.

"Dengan demikian kualitas urbanisasi sangat ditentukan oleh kualitas masyarakat urban tersebut yang nantinya dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi melalui pemanfaatan bonus demografi 2045," bebernya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru