Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Peningkatan SDM Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Mei 2022 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota agar dapat lebih memaksimalkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) Kalimantan Tengah.

Saat ini Kalteng telah berusia 65 tahun, sehingga sudah seharusnya provinsi ini memiliki banyak SDM berkualitas yang mampu bersaing pada berbagai bidang dalam rangka turut serta membangun Kalteng kedepan agar lebih maju dan berkembang.

"Bukan berarti SDM berkualitas yang ada di Kalteng ini tidak banyak, tapi saya rasa itu masih kurang, jadi peningkatannya perlu dimaksimalkan lagi secara merata hingga wilayah pelosok," katanya, Selasa, 24 Mei 2022.

Dia menjelaskan untuk memajukan pembangunan, suatu daerah tentu harus memiliki banyak SDM berkualitas. Pasalnya dengan demikian maka perkembangan daerah menuju persaingan akan cepat terealisasi, terlebih Kalteng juga sebagai salah satu wilayah penyangga IKN Nusantara di Kaltim.

"Dalam Rangka HUT Kalteng ke 65 tahun ini harapan kita pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota supaya bisa menjadikannya sebagai momentum untuk lebih meningkatkan SDM di provinsi ini agar mampu bersaing dengan SDM lainnya di luar daerah," ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan provinsi ini terus berupaya untuk berbenah, sehingga bisa mengalami kemajuan signifikan di berbagai sektor. Apalagi Kalteng juga sebagai salah satu daerah penyangga IKN yang memiliki kesempatan dan peluang dari pengembangan pembangunan tersebut.

"Kita harus mampu bersaing, jangan sampai hanya menjadi penonton saja. Oleh karenanya SDM unggul dan profesional harus benar-benar dipersiapkan, melalui peningkatan kulitas pendidikan dengan menjalin kerjasama dan sinergi serta komunikasi yang baik antar pemangku kepentingan," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru