Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disnakertrans Pulang Pisau Gelar PDN Kejuruan Administrasi Perkantoran dan Pengolahan Produksi Kayu

  • Oleh Asprianta
  • 02 Juni 2022 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau menggelar Pemagangan Dalam Negeri (PDN) kejuruan administrasi perkantoran dan kejuruan pengolahan produksi kayu.

Kegiatan yang berpusar di Aula Kantor Kecamatan Kahayan Hilir, Selasa (31/5/2022) diikuti oleh 20 peserta PDN.

Plt Kepala Disnakertrans Kabupaten Pulang Pisau Widi Harsono menjelaskan bahwa Pemagangan Dalam Negari (PDN) adalah bagian dari sistem pelatihan yang diselenggarakan langsung dalam proses produksi barang atau jasa ditempat kerja.

”Hal tersebut menjadi modal yang sangat penting bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan atau bekerja secara mandiri,” ucap Widi Harsono

Ia menjelaskan kegiatan itu merupakan konsep belajar sambil bekerja (Learning by doing) sehingga peserta akan mendapatkan pengalaman kerja pada perusahaan atau dunia industri yang sesungguhnya, yang meliputi peningkatan kualitas atau kompetensi tenaga kerja yang mencakup peningkatan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku, mental, etos kerja serta budaya kerja.

Lanjutnya, program pemagangan juga merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan tenaga kerja kompetensi dan siap kerja.

"Sehingga meminimalisir kesenjangan antara kompetensi tenaga kerja yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan dan pelatihan Vokasi dengan kualifikasi kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri," Katanya. 

Widi menambahkan bahwa keterlibatan semua pihak harus terus ditingkatkan dalam upaya percepatan peningkatan SDM Indonesia untuk mewujudkan SDM Unggul, Indonesia Maju.

Untuk itu, lanjut Widi program pemagangan ini kedepannya diharapkan kolaborasi dari berbagai pihak, antara Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah, Industri, Asosiasi Industri dan Masyarakat.

”Saya berharap kepada para peserta PDN agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dibawah bimbingan dan pengawasan bimbingan atau mentor yang sudah berpengalaman sehingga setelah kegiatan selesai dapat menjadi tenaga kerja kompeten dan menguasai kompetensi kerja tertentu,” pungkasnya.

Berita Terbaru