Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPAKD Berperan Penting Tingkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Juni 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah atau TPAKD sejalan dengan sambutan dan arahan Mendagri pada Rakornas TPAKD 2021 16 Desember lalu yang menyebutkan bahwa, peranan TPAKD terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sangat penting. Hal itu juga sejalan dengan tujuan TPAKD.

"Program tematik TPAKD Tahun 2022 ini adalah akselerasi pemanfaatan produk dan layanan keuangan digital seperti optimalisasi program percepatan akses keuangan melalui digitalisasi seperti laku pandai dan penguatan UMKM melalui penyediaan QRIS," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy dalam rilisnya, Sabtu, 11 Juni 2022.

Hal ini disampaikan Otto berkaitan dengan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah atau TPAKD Kabupaten Barito Timur baru-baru ini.

Sementar itu, dalam sambutannya, Bupati Barito Timur, Ampera A Y Mebas menyampaikan bahwa TPAKD merupakan forum koordinasi, sehingga diharapkan terdapat sinergi yang lebih erat antara seluruh stakeholder terkait.

"Khususnya pihak pemerintah daerah dan Lembaga Jasa Keuangan, sehingga potensi ekonomi daerah dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan," tutur Ampera.

Bupati berharap, pembentukan TPAKD dapat mendorong ketersediaan akses keuangan yang luas kepada masyarakat, pengembanagan perekonomian bagi masyarakat umum yang disertai meningkatnya akses keuangan menjadi lebih cepat dan efisien.

"Melalui pembentukan TPAKD ini, seluruh pemangku kepentingan diharapkan mampu berpikir kritis dalam penentuan program kerja yang memiliki ukuran dan target yang berkelanjutan,"

"Kemudian, menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan pembentukan klaster menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, dalam rangka pemerataan ekonomi dan kemandirian daerah dengan melibatkan UMK dan BUMDes yang ada di wilayah Kabupaten Barito Timur," demikian Ampera A Y Mebas menyampaikan. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru