Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Diminta Penuhi Kewajiban Berdayakan Masyarakat Lokal

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Juni 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno meminta kepada pemerintah baik di provinsi, kabupaten dan kota agar dapat memenuhi kewajiban memberdayakan masyarakat lokal yang ada di Bumi Tambun Bungai.

Pemberdayaan masyarakat lokal Kalteng harus diprioritaskan, sehingga dalam pemanfaatan program strategis baik nasional maupun daerah tidak terus menerus mengandalkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari luar daerah atau provinsi lain.

"Pemberdayaan masyarakat lokal ini harus terus dilakukan dan diprioritaskan karena merupakan kewajiban. Dengan begitu masyarakat kita tidak hanya menjadi penonton saja, namun turut berperan dalam pembangunan daerah, dan mampu melakukan berbagai perubahan untuk kesejahteraan," ujarnya, Minggu, 12 Juni 2022.

Lanjutnya untuk dapat memberdayakan masyarakat lokal perlu dilakukan sejak dini terutama ditingkat pendidikan paling awal, yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sehingga pengembangan SDM yang unggul serta mampu bersaing kedepannya dapat lebih optimal.

Selain itu ketersediaan guru yang memiliki kompetensi juga sangat penting dan perlu dipersiapkan supaya kedepan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kalteng yang semakin maju dan berkembang dengan lebih baik.

"Sangat penting untuk diperhatikan yaitu sarana dan prasaranannya. Ini yang harus menjadi perhatian bersama, harapan kita pemda dapat fokus terhadap hal tersebut, sebab semua masyarakat terutama anak-anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang memadai," tegasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru