Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Bakar Buah Sawit di Palangka Raya

  • Oleh Rokim
  • 14 Juni 2022 - 15:11 WIB

BORNONEWS, Palangka Raya - Perwakilan petani kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Tengah meluapkan kemarahannya dengan membakar tandan buah segar atau TBS, Selasa siang 14 Juni 2022.

Tindakan ini sengaja mereka lakukan karena sampai saat ini harga TBS tak kunjung membaik pasca Presiden Jokowi mencabut larangan ekspor CPO pada Mei 2022.

Bahkan saat ini harga TBS justru terus turun, padahal harga CPO internasioal masih tinggi. Di sisi lain harga minyak goreng masih mahal dan tidak mau turun. 

Dengan kondisi inilah maka para petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesi (APKASINDO) Provinsi Kalimantan Tengah meluapkan kekesalannya dengan kebijakan pemerintah pasca pencabutan ekspor CPO tak berimbas terhadap harga TBS petani.

Oleh karena itu Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan APKASINDO Kalteng, Gusto Adrianus bersama Wakil Ketua Hatir Sata Tarigan dan pegurus lainnya menyatakan sikap.

Gusto mengatakan aksi bakar buah sawit ini dilakukan serentak di 22 DPW APKASINDO seluruh Indonesia. Mereka meminta agar presiden memparhatikan kondisi harga TBS saat ini.

Pengurus APKASINDO juga meminta agar presiden segera mencopot para menteri yang tidak bisa bekerja dalam menangani persoalan sawit. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru