Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tempat Pembuangan Sampah di Samping Gedung Koni Ditutup

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Juni 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, maka tempat pembuangan sampah (TPS) di Samping Gedung Olahraga Koni atau belakang TPU Kristen, di Kelurahan Sidorejo, Pangkalan Bun, dilakukan penutupan.

Penutupan lokasi TPS tersebut merupakan kebijakan dari Pemerintah Kelurahan Sidorejo. Kemudian pembersihanya dibantu oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar, pada Rabu, 15 Juni 2022.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) DLH Kobar Muhammad Suhendra mengatakan, ini sebenarnnya program dari pihak Kelurahan Sidorejo, pihaknya hanya memberikan bantuan dengan merahkan petugas dan peralatan.

"Kami DLH cuman supporting aja dengan mengerahkan 5 orang personel, 1 unit Whileloader, dan 1 unit Dump Truk," ujar Suhendra.

Lanjutnya, sampah - sampah yang ada dilokasi, tidak semua dilansir ke TPA Sampah Translik, tetapi sebagian ada yang didorong dan dimasukkan ke lereng jurang sesuai permintaan lurah.

"Sampah yang dilansir ke TPA Sampah Translik cuman ada 2 rit saja atay sekitar 7 ton," ungkapnya.

Sebelum dilakukan penutupan, Lurah Sidorejo Sahida Ramadana, juga sudah melaksanakan langkah - langkah antisipasi dengan mengeluarkan Surat imbauan, terkait masalah pengelolaan sampah bagi warga masyarakat Sidorejo.

Pihaknya mengimbau, agar masyarakat menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing, dengan tidak membuang sampah disembarang tempat. Kemudian, diajak untuk berlangganan jasa pengangkutan sampah yang telah tersedia dilingkungan masing-masing.

"Jangan lupa, memilah sampah rumah tangga baik, organik, anorganik dan sampah B3," tuturnya.
Disamping itu juga, agar bergabung sebagai Nasabah 'Bank Sampah Resik Rejo' Kelurahan Sidorejo, sehingga sampah yang di hasilkan dari rumah tangga dapat bernilai ekonomis atau menguntungkan.

Jika berminat berlangganan jasa pengangkutan sampah dan menjadi nasabah 'Bank Sampah Resik Rejo' dapat menghubungi Ketua RT masing-masing atau menghubungi Halo Sidorejo (0812 5587 8484) atau CS Bank Sampah Resik Rejo (0812 5188 1119). (DANANG/B-5)

Berita Terbaru