Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkuat Layanan Tangguh Menuju SPBE

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Juni 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya memperkuat sistem layanan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi menyampaikan beberapa minggu terakhir pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait keamanan sistem.

Agus mengakui berdasarkan pengecekan yang dilakukan oleh pihaknya masih banyak aplikasi dari OPD yang memiliki kerentanan sistem dan berbahaya jika terjadi pencurian data.

Beberapa OPD memiliki data masyarakat yang terekam bahkan data yang bersifat pribadi sampai by name by address lengkap sampai nama dan tempat tinggalnya.

Namun ditegaskannya kedepan akan lebih aman karena semua sistem dari OPD akan terintegrasi. Mulai dari keamanan dan sistemnya melalui pengujian, untuk pengadaan peralatan nantinya memerlukan rekomendasi standar spesifikasi dari Diskominfosantik.

"Kedepan semuanya akan terpusat ke Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sehingga semuanya terkontrol termasuk keamanan datanya," sebut Agus baru baru ini.

Peraturan gubernur (Pergub) terkait sistem tersebut sudah dibuat dan saat ini sudah masuk ke Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) untuk dikaji lebih lanjut. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru