Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Pencari Kerja di Barito Utara Jalani Magang

  • Oleh Ramadani
  • 17 Juni 2022 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Puluhan pencari kerja (Pencaker) di Kabupaten Barito Utara atau persisnya berjumlah 60 orang mengikuti program pemagangan dalam negeri yang tersebar di 11 perusahaan daerah dan swasta dengan 2 jurusan, yaitu administrasi perkantoran dan mekanik. 

Program pemagangan itu berlangsung selama  5 bulan ke depan, difasilitasi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara dengan anggaran biaya dari dana Dekonsentrasi APBN di Provinsi Kalimantan Tengah. 

“Program pemagangan dalam negeri tahun 2022 ini merupakan upaya untuk menyiapkan tenaga kerja kompeten dan siap kerja, sehingga dapat meminimalisir kesenjangan kompetensi antara tenaga kerja yang dihasilkan oleh lembaga pendidik dan pelatihan vokasi, dengan kualifikasi kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan industri,” kata Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur, Jumat, 17 Juni 2022.

Menurut Mastur, keberhasilan program pemagangan sangat di tentukan oleh kolaborasi dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, pihak industri dan masyarakat. 

Keterlibatan semua pihak harus di tingkatkan dalam upaya percepatan SDM Indonesia, khususnya Kabupaten Barito Utara dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai SDM unggul, Indonesia Bisa. 

Mantan Camat Teweh Tengah ini melanjutkan, program pemagangan dapat diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu dan langsung di bawah bimbingan dan pengawasan karyawan yang lebih berpengalaman di perusahaan. 

Program pemagangan ini bertujuan untuk menjadikan calon tenaga kerja menguasai keterampilan atau keahlian khusus serta siap pakai. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru