Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kotim Pastikan Daging Sapi Aman Dikonsumsi

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 20 Juni 2022 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pertanian Kotawaringin Timur memastikan daging sapi yang beredar sudah melalui pemeriksaan kesehatan. Sehingga tak perlu khawatir dalam mengonsumsi daging sapi, apalagi saat Iduladha nanti. 

Masyarakat di kabupaten itu pun diminta tak perlu risau akan keamanan mengonsumsi daging sapi di tengah maraknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini. 

"Tak perlu khawatir, daging yang saat ini dijual kepada masyarakat Kotim aman dikonsumsi. Karena kamu telah melakukan berbagai antisipasi sesuai dengan surat edaran Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), " Kepala Dinas Pertanian Kotim, Sepnita, Senin, 20 Juni 2022.

Pemerintah telah mengantisipasi,  di antaranya tidak menerima sapi potong dari daerah zona merah atau kejadian luar biasa (KLB) penyebaran PMK seperti Jawa Timur dan Pulau Madura. 

Menurutnya, pemerintah telah mengeluarkan aturan selain harus ada surat jalan juga harus ada surat keterangan sehat dari otoritas dari lokasi asal hewan ternak. 

"Jadi ada pemeriksaan dulu bahkan sapi yang didatangkan dari luar daerah menjalani karantina. Sebagian ada juga sapi yang dipotong itu dari lokal atau peternak asli sini. Insya Allah aman," imbuhnya. 

Selain itu, daging dan pemotongan hewan yang dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) terjamin karena kualitas daging mulai dari proses pemotongan dijaga kebersihannya. 

"Kebersihan kandang dan tempat pemotongan hewan menjadi perhatian utama. Sehingga masyarakat bisa membeli berbagai macam daging dan olahan yang dijamin kualitas serta kesehatannya," sebutnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru