Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dana KONI Barito Timur Tahun 2022 Hanya Rp100 Juta

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Juni 2022 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dana yang dialokasikan Pemkab Barito Timur untuk pembinaan olahraga melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI hanya sebesar Rp100 juta. Padahal dalam ajang Popprov Kalteng 2022 Barito Timur mengikutkan 8 cabang olahraga.

Hal tersebut diungkap oleh Ketua Komisi II DPRD Barito Timur, Wahyudinnoor, saat menanggapi aksi penggalangan donasi untuk Kontingen Popprov yang dilakukan oleh Forum Koin Kepedulian di bawah Koordinasi Erwin Nakalelo dan Roni Suriyadi, Rabu, 22 Juni 2022.

"Sebenarnya saat pembahasan anggaran, DPRD telah meminta untuk menaikkan anggaran KONI karena eksekutif hanya menganggarkan Rp100 juta, namun itu tidak dilakukan," ujarnya melalui pesan suara.

Bahkan lanjut Wahyudinnoor, anggaran sebesar itu justru tidak bisa dicairkan menjelang keberangkatan kontingen sehingga setiap pengurus cabang olahraga harus berupaya mencari dana secara swadaya untuk keberangkatan mengikuti Popprov yang akan berlangsung tanggal 27 Juni 2022 hingga 3 Juli 2022.

"Kita cukup prihatin dengan kondisi kita di Barito Timur khususnya perkembangan dunia olahraga, support yang terkait dengan pendanaan untuk pengembangan prestasi di bidang olahraga kurang begitu berpihak," imbuhnya.

Wahyudinnoor berharap kondisi saat ini menjadi catatan kepala daerah sehingga hal yang sama tidak lagi terulang dan pengelolaan anggaran untuk pengembangan prestasi olahraga ke depan lebih baik lagi.

Penggalangan donasi untuk kontingen Popprov dilakukan Forum Koin Kepedulian selama tiga hari yakni tanggal 22-24 Juni 2022, bertempat di Jalan A Yani depan Kantor Bupati Barito Timur, Pasar Tamiang Layang, Kompleks Pertokoan Sulung Tamiang Layang dan Pasar Ampah.

Penanggung jawab kegiatan Erwin Nakalelo mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus mendorong keterlibatan dan kepedulian pihak lain terhadap kontingen Popprov Kalteng 2022 yang mengalami keterbatasan anggaran.

"Walau pun nanti hasil penggalangan donasi nanti tidak seberapa tetap kami serahkan ke kontingen, paling tidak kami telah berusaha menggugah kepedulian berbagai pihak termasuk pemerintah daerah agar ke depan lebih peduli terhadap atlet-atlet asal Barito Timur agar yang akan tampil dalam berbagai ajang," ujarnya.

Erwin juga menyampaikan harapannya agar Pemkab Barito Timur lebih serius dan maksimal dalam pembinaan olahraga termasuk persiapan penganggaran untuk menghadapi Porprov Kalteng 2023 di Sampit sehingga dalam ajang tersebut atlet Barito Timur dapat meraih prestasi yang gemilang.

Pada penggalangan donasi hari pertama, Forum Koin Kepedulian berhasil mengumpulkan sumbangan dari masyarakat sebesar Rp1.021.000. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru