Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terdeteksi 2 Titik Panas di Antang Kalang Kalang

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 23 Juni 2022 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Titik panas diduga kebakaran lahan kembali terdeteksi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) . Sebanyak 2 titik panas terdeteksi di Kecamatan Antang Kalang.

"Selain Kotim ada juga titik panas di Kabupaten Katingan," ungkap Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Kamis, 23 Juni 2022. 

Di Kabupaten Katingan titik panas terdeteksi sebanyak 3 titik panas. Yakni, 2 titik panas di Kecamatan Pulu Malam dan 1 titik panas di Kecamatan Senaman Mantikei. 

Kondisi ini diduga disebabkan karena minimnya pertumbuhan awan di wilayah tersebut. Sehingga kondisi daratan rawan mengalami kebakaran. 

"Sementara untuk informasi per awanan hari ini citra satelit Himawari-8 Infrared Red Enhanced pukul 07.00 menunjukkan terdapat pertumbuhan awan signifikan di wilayah Kotawaringin Timur," katanya. 

Kemudian potensi kemudahan terjadinya kebakaran ditinjau dari analisa parameter cuaca di Kalimantan Tengah, Kotim berstatus aman. 

"Untuk prakiraan curah hujan dalam 24 jam ke depan berdasarkan Weather Research Forecasting  berpotensi hujan ringan hingga sedang," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru