Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Mendawai Katingan Siaga Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Juni 2022 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Para petugas yang berada di wilayah Kecamatan Mendawai,  Kabupaten Katingan siaga kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla. Itu ditandai dengan digelarnya apel siaga Karhutla pada Kamis, 23 Juni 2022. 

"Kemarin kami melaksanakan apel siaga Karhutla di halaman Kantor Kecamatan Mendawai," kata Camat Mendawai, Purwoko, Jumat, 24 Juni 2022. 

Dia menuturkan, apel siaga karhutla ini dihadiri Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Katingan, Robby. Lainnya, Forkopincam Mendawai, para kepala desa, BPD maupun RSA se Kecamatan Mendawai.

Menurut Camat Mendawai,  menangani Karhutla bukan hanya tanggung jawab dari TNI, Polri maupun pemerintah daerah setempat. 

"Akan tetapi tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, semua pemangku kepentingan harus dapat menyamakan persepsi pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayah masing-masing," ucap Purwoko. 

Purwoko mengingatkan persentase terjadinya karhutla paling besar karena faktor manusia. "Kita jangan bosan-bosan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang bahaya Karhutla ini, " katanya. 

Purwoko menuturkan, wilayahnya termasuk daerah rawan terjadinya karhutla itu. Namun demikian, sampai saat ini, belum ada ditemukan titik panas atau api, karena memang kadang masih terjadi hujan. 

"Seperti yang kita ketahui di wilayah Mendawai ini sebagian arealnya adalah masuk Taman Nasional Sebangau,  yang tentunya kita sama-sama turut menjaga dari bahaya karhutla di musim kemarau tahun ini," tutur Purwoko. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru