Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Perhatikan Kesejahteraan Aparatur Desa

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Juni 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi pemda terutama provinsi agar dapat memperhatikan kesejahteraan aparatur desa yang ada di Kalteng ini.

Menurutnya, aparatur desa sebagai ujung tombak pemerintahan di desa sangat perlu disejahterakan dalam rangka mengoptimalkan kinerja untuk melayani dan juga menjalankan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Pastinya, jika aparatur desa sejahtera maka mereka juga akan semangat dalam bekerja melayani masyarakat. Memang saat ini aparatur desa juga memiliki honor, tapi itu saya rasa masih belum cukup untuk kebutuhan apalagi saat ini semua serba mahal," katanya, Jumat, 24 Juni 2022.

Diungkapkannya, terkait hal itu juga kerap kali disampaikan oleh para kepala dan aparatur desa terutama di wilayah DAS Barito atau dapil IV. Di mana para petugas desa ini menginginkan Pemprov Kalteng agar bisa memperhatikan kesejahteraan mereka dengan berbagai solusi.

"Ketika reses kami kerap kali mendapatkan aspirasi mengenai hal itu, satu lagi yang sering disampaikan yaitu, mereka menginginkan Pemprov bisa membantu anggaran operasional desa diluar anggaran dana desa. Saya rasa ini juga perlu," ujarnya.

Suatu desa akan cepat maju jika seluruh aparatur desanya dapat bekerja maksimal dalam melayani dan juga menjalankan program serta menggali potensi yang ada. Tentu, untuk menyemangati aparatur desa ini harus dengan cara-cara tepat salah satunya memberikan kesejahteraan.

Di sisi lain, mengenai bantuan anggaran operasional desa yang menjadi usulan tersebut, dirinya mengharapkan agar bisa masuk program prioritas Pemerintah Provinsi Kalteng sebagai bentuk perhatian kepada para aparatur desa yang ada di Bumi Tambun Bungai.

"Harapan kita aspirasi ini bisa direalisasi oleh pemprov dan dimasukan dalam program prioritas. Apalagi aparatur desa juga berperan dalam menekan penyebaran Covid-19, tentu membutuhkan anggaran operasional. Semoga saja apa yang menjadi usulan itu dapat diwujudkan kedepan," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru