Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pastikan Aman dari Pestisida, Dinas Ketahanan Pangan Kapuas Uji Rapid Tes Sayuran dan Buah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Juni 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas kembali mengambil sampel Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) atau sayuran dan buah-buahan dari kebun petani dan pasar di wilayah setempat.

Sampel-sampel tersebut di bawa ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan untuk dilakukan uji kandungan pestisidanya dengan menggunakan Uji Rapid Test Kit.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kapuas, Catur Ferianto melalui Kabid Keamanan Pangan Natalia Saptani mengatakan Rapid Test Kit Pestisida merupakan alat uji cepat kualitatif keamanan pangan yang mendeteksi kandungan pestisida yang terdapat dalam bahan pangan.

"Hasil yang kamil uji baru-baru ini negatif kandungan pestisida. Merupakan sampel diambil dari kebun petani dan pasar," kata Natalia kepada wartawan, Jumat 24 Juni 2022.

Lebih lanjut, dijelaskannya bahwa kegiatan itu dilaksanakan berdasarkan Permentan Nomor 53 tahun 2018 tentang Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbunan.

Merupakan pangan yang belum mengalami pengolahan, yang dapat dikonsumsi langsung dan atau yang dapat menjadi bahan baku pengolahan pangan, atau pangan yang mengalami pengolahan minimal meliputi pencucian, pengupasan, pengeringan, penggilingan, pemotongan, penggaraman, pembekuan,  pencampuran, dan blansir tanpa penambahan Bahan Tambahan Pangan (BTP) kecuali pelilinan .

"PSAT merupakan pangan yang beresiko tinggi terhadap cemaran kimia, salah satunya residu pestisida yang jika dikonsumsi secara terus menerus  dapat mengganggu kesehatan manusia," ucapnya.

Oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan keamanan pangan dimulai dari tempat produksi. "Dan kegiatan ini rutin kami lakukan untuk memastikan keamanan pangan yang dikonsumsi warga," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru