Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Putus Mata Rantai, Dinkes Lamandau Tes HIV/AIDS Ibu Hamil

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 Juni 2022 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Memutus mata rantai penularan HIV/AIDS, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau rela datang ke sejumlah perusahaan untuk melakukan pemeriksaan infeksi HIV/AIDS pada ibu hamil.

"Selama ini kami terus mendeteksi sejak dini kasus HIV/AIDS pada ibu dengan mewajibkan ibu hamil menjalani tes," kata Kadinkes Lamandau, Rosmawati, Sabtu 25 Juni 2022.

"Jika menemukan kasus positif, kami akan merujuk mereka ke rumah sakit yang ditunjuk untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan lebih lanjut," bebernya.

Selanjutnya ibu hamil positif HIV/AIDS yang melahirkan akan dilakukan pemeriksaan. Jika kesehatan ibu bagus, tidak menimbulkan risiko tinggi maka dapat dilakukan proses persalinan secara normal. 

"Namun apabila tingkat risiko tinggi, maka  harus melalui operasi," terangnya.

Dinkes Lamandau melalui Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) melakukan pemeriksaan Sifilis dan Hepatitis ke Ibu Hamil dan TBC ke karyawan perusahaan.

Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 52/2017. Tujuanya untuk memberikan arahan eliminasi penularan HIV/AIDS, sifilis dan hepatitis B dari ibu ke anak.

"Sekitar 90-95 persen ibu hamil yang mengidap hepatitis berisiko tinggi untuk menularkan virus ke janin yang tengah di kandungnya," tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru